GAMBARAN PENERAPAN TERAPI AKTIVITAS BERMAIN TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA AN.I DENGAN DISABILITAS AUTISME DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) MANDARA KOTA KENDARI

Herman, Nurtahsiah Saputri (2023) GAMBARAN PENERAPAN TERAPI AKTIVITAS BERMAIN TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA AN.I DENGAN DISABILITAS AUTISME DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) MANDARA KOTA KENDARI. Karya Tulis Ilmiah thesis, Poltekkes Kemenkes Kendari.

[img]
Preview
Text
COVER-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/

Abstract

Latar Belakang: Penyandang disabilitas adalah mereka yang memiliki keterbatasanfisik, mental, intelektual, atau sensorik dalam jangka waktu lama di mana ketikaberhadapan dengan berbagai hambatan, hal ini dapat menghalangi partisipasi penuh danefektif mereka dalam masyarakat berdasarkan kesetaraan dengan yang lainnya. Terapibermain flashcard merupakan metode pembelajaran berbentuk kartu yang dapatmenampilkan gambar dari foto, gambaran tangan atau gambar yang sudah ada yangbertujuan menanamkan konsep dalam ingatan, selain bermain flashcard ada beberapajenis permainan yang dapat dilakukan pada anak disabilitas seperti mewarnai dan bermainpuzzle. Tujuan: melihat hasil penerapan terapi aktivitas bermain pada anak dengandisabilitas (autisme). Manfaat: Diharapkan setelah dilakukan terapi aktivitas bermainpada anak disabilitas dapat meningkatkan interaksi sosial. Metode: Studi kasusdeskriptifpada 1 subjek anak disabilitas dengn masalah keperawatan gangguan interaksisocial dan diberikan terapi aktivitas bermain flashcard. Hasil: menunjukkan perubahankontak matadan responsive terhadap oranglain setelah diberikan terapi aktivitas bermain flashcard selama 3 hari dari sebelum terapi cukup menurun menjadi cukup.Kesimpulan: Terjadi peningkatan kontak mata dan responsive terhadap oranglain setelah diberikan terapi aktivitas bermain flashcard selama 3 hari. Saran: Diharapkan terapi aktivitas bermain flashcard dapat menjadi salah satu terapi yang dapat digunakan pada anak disabilitas untuk meningkatkan interaksi sosial. Kata kunci: Terapi Bermain Flashcard, Interaksi Sosial, Anak disabilitas,Autisme

Item Type: Thesis (Karya Tulis Ilmiah)
Contributors:
ContributioncontributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSulupadang, PrishillaUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDRini, Sartiya DewiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Terapi Bermain Flashcard, Interaksi Sosial, Anak disabilitas,Autism
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan > Prodi D-III Keperawatan
Depositing User: Nurtahsiah Saputri H. .
Date Deposited: 06 Nov 2023 02:06
Last Modified: 06 Nov 2023 02:06
URI: http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/id/eprint/4180

Actions (login required)

View Item View Item