Herman, Nurtahsiah Saputri (2023) GAMBARAN PENERAPAN TERAPI AKTIVITAS BERMAIN TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA AN.I DENGAN DISABILITAS AUTISME DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) MANDARA KOTA KENDARI. Karya Tulis Ilmiah thesis, Poltekkes Kemenkes Kendari.
|
Text
COVER-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (566kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang: Penyandang disabilitas adalah mereka yang memiliki keterbatasanfisik, mental, intelektual, atau sensorik dalam jangka waktu lama di mana ketikaberhadapan dengan berbagai hambatan, hal ini dapat menghalangi partisipasi penuh danefektif mereka dalam masyarakat berdasarkan kesetaraan dengan yang lainnya. Terapibermain flashcard merupakan metode pembelajaran berbentuk kartu yang dapatmenampilkan gambar dari foto, gambaran tangan atau gambar yang sudah ada yangbertujuan menanamkan konsep dalam ingatan, selain bermain flashcard ada beberapajenis permainan yang dapat dilakukan pada anak disabilitas seperti mewarnai dan bermainpuzzle. Tujuan: melihat hasil penerapan terapi aktivitas bermain pada anak dengandisabilitas (autisme). Manfaat: Diharapkan setelah dilakukan terapi aktivitas bermainpada anak disabilitas dapat meningkatkan interaksi sosial. Metode: Studi kasusdeskriptifpada 1 subjek anak disabilitas dengn masalah keperawatan gangguan interaksisocial dan diberikan terapi aktivitas bermain flashcard. Hasil: menunjukkan perubahankontak matadan responsive terhadap oranglain setelah diberikan terapi aktivitas bermain flashcard selama 3 hari dari sebelum terapi cukup menurun menjadi cukup.Kesimpulan: Terjadi peningkatan kontak mata dan responsive terhadap oranglain setelah diberikan terapi aktivitas bermain flashcard selama 3 hari. Saran: Diharapkan terapi aktivitas bermain flashcard dapat menjadi salah satu terapi yang dapat digunakan pada anak disabilitas untuk meningkatkan interaksi sosial. Kata kunci: Terapi Bermain Flashcard, Interaksi Sosial, Anak disabilitas,Autisme
Item Type: | Thesis (Karya Tulis Ilmiah) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Terapi Bermain Flashcard, Interaksi Sosial, Anak disabilitas,Autism | |||||||||
Subjects: | R Medicine > RT Nursing | |||||||||
Divisions: | Jurusan Keperawatan > Prodi D-III Keperawatan | |||||||||
Depositing User: | Nurtahsiah Saputri H. . | |||||||||
Date Deposited: | 06 Nov 2023 02:06 | |||||||||
Last Modified: | 06 Nov 2023 02:06 | |||||||||
URI: | http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/id/eprint/4180 |
Actions (login required)
View Item |