FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MURID SEKOLAH DASAR NEGERI 13 KONDA KECAMATAN KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN

Kasmiati, Kasmiati (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MURID SEKOLAH DASAR NEGERI 13 KONDA KECAMATAN KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Kendari.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repository.poltekkes-kdi.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Pendidikan adalah proses perubahan tingkah laku, penambahan ilmu pengetahuan dan pengalaman hidup agar peserta didik menjadi lebih dewasa dalam pemikiran dan sikap. Prestasi belajar merupakan hasil dari suatu proses yang didalamnya terdapat sejumlah factor yang mempengaruhi, tinggi rendahnya prestasi belajar siswa tergantung pada factor-faktor tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan prestasi belajar Murid Sekolah Dasar Negeri 13 Konda Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan. Metode: Jenis penelitian digunakan adalah Observasional dengan rancangan Cross Sectional Study, jumlah populasi 108 orang dan jumlah sampel 52 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Slovin, sedangkan uji statistik yang digunakan yaitu uji chi square. Dan telah dilaksanakan pada tanggal 29 Mei - 04 Juni 2023 bertempat di Desa Lebo Jaya Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan. Hasil : Berdasarkan hasil uji statistik untuk hubungan prestasi belajar dengan status gizi siswa diperoleh nilai p=0,606 lebih besar dari nilai α=0,05 maka H0 diterima, tidak ada hubungan antara prestasi belajar dengan status gizi siswa, untuk hubungan prestasi belajar dengan status sosial ekonomi siswa diperoleh nilai p=0,002 lebih kecil dari nilai α=0,05 maka H0 ditolak, ada hubungan antara prestasi belajar dengan status sosial ekonomi, dan untuk hubungan prestasi belajar dengan lingkungan keluarga siswa diperoleh nilai p=0,002 lebih kecil dari nilai α=0,05 maka H0 ditolak, ada hubungan antara prestasi belajar dengan lingkungan keluarga. Diharapkan terciptanya kerjasama antara guru dan orang tua murid agar memperhatikan faktor-faktor yang berhubungan dengan peningkatan prestasi belajar siswa sehingga siswa dapat memperoleh prestasi belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributioncontributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDBanudi, LaUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDNurlaela, EuisUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, Status Gizi, Status Sosial Ekonomi, Lingkungan Keluarga.
Subjects: R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Jurusan Gizi > Prodi Diploma IV Gizi
Depositing User: Kasmiati Kasmiatif
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:29
Last Modified: 30 Aug 2023 03:29
URI: http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/id/eprint/3631

Actions (login required)

View Item View Item