Agus Nirmawati, Penulis and Melania Asi, Pembimbing 1 and Heyrani, Pembimbing 2 (2019) EVALUASI TINGKAT KEPUASAN IBU BERSALIN YANG MENGGUNAKAN BPJS TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI RSU DEWI SARTIKA KOTA KENDARI TAHUN 2019. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Kendari.
|
Text
COVER.pdf Download (733kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (112kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (886kB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang : Permasalahan penting yang berkaitan dengan kepuasan pasien yang perlu diperhatikan oleh rumah sakit adalah kualitas layanan dengan indikator bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati yang diberikan petugas kesehatan kepada pasien sehingga tercipta kepuasan pasien. Tujuan Penelitian : Untuk mengevaluasi tingkat kepuasan Ibu bersalin yang menggunakan BPJS dengan kualitas pelayanan BPJS di RSU Dewi Sartika Kota Kendari Tahun 2019. Metode : Penelitian kualitatif untuk menganalisis tingkat kepuasan ibu bersalin yang menggunakan BPJS di RSU Dewi Sartika Kota Kendari. Data diperoleh dari wawancara mendalam terhadap pasien bersalin peserta BPJS, bidan, dan petugas BPJS di RSU Dewi Sartika Kota Kendari. Hasil Penelitian : Hal yang mempengaruhi kepuasan beberapa pasien antara lain: pendaftaran lancar, waktu tunggu, pelayanan cepat. Sebaliknya, hal-hal yang menjadi hambatan kepuasan pasien antara lain: karyawan pendaftaran sering tidak di tempat, lambat, dan mengobrol sendiri, nada suara petugas medis tinggi, keramahan kurang, ruangan kurang bersih, tidak memakai sekat, Faktor lain yang mempengaruhi yaitu BPJS. Kesimpulan : Kepuasan ibu bersalin yang menggunakan BPJS terhadap kualitas pelayanan Rsu Dewi Sartika Kota Kendari secara umum hampir sesuai dengan teori SERVEQUAL (Parasuraman dan Zeithml, 1990), yang terdiri dari 5 aspek meliputi reliability atau kehandalan, assurance atau jaminan, tangibles atau wujud nyata, empathy atau perhatian, dan responsiveness atau kepedulian. Kata Kunci : Tingkat Kepuasan, Kualitas Pelayanan, BPJS
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Level of Satisfaction, Service Quality, BPJS |
Subjects: | R Medicine > RG Gynecology and obstetrics |
Divisions: | Jurusan Kebidanan > Prodi D-IV (Skripsi) |
Depositing User: | Unnamed user with email info@poltekkes-kdi.ac.id |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 03:23 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 03:23 |
URI: | http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/id/eprint/1177 |
Actions (login required)
View Item |