Ani Setyani, Penulis and Halijah, Pembimbing 1 and Nasrawati, Pembimbing 2 (2017) PENGETAHUAN TENTANG PERIKSA PAYUDARA SENDIRI (SADARI) DENGAN PRAKTIK SADARI PADA MAHASISWA KEBIDANAN POLTEKKES KENDARI PROVINSI SULAWESI TENGGARA TAHUN 2017. Karya Tulis Ilmiah thesis, Poltekkes Kemenkes Kendari.
|
Text
KTI ANI.pdf Download (632kB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang: Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) merupakan salah satu langkah awal deteksi dini untuk menemukan kanker payudara stadium awal yang akan lebih efektif jika dilakukan sedini mungkin, sebab 85% kelainan di payudara justru pertama kali dikenali oleh penderita. Deteksi dini dapat menekan angka kematian sebesar 25-30%. Tujuan Penelitian: untuk mendiskripsikan pengetahuan tentang SADARI dengan praktik SADARI pada Mahasiswa Kebidanan Poltekkes Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2017. Metode Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan bulan Maret-April 2017 di Politeknik Kesehatan Kendari Jurusan Kebidanan Kota Kendari. Populasi penelitian ini adalah mahasiswi Jurusan Kebidanan Tingkat I sebanyak 150 orang, dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu pengetahuan tentang SADARI, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini yaitu Praktik SADARI. Hasil Penelitian: Menunjukkan bahwa Pengetahuan SADARI Mahasiswa Kebidanan Politeknik Kesehatan Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara terbanyak dengan kategori baik (60,0%); dan sebagian besar Mahasiswa Kebidanan Politeknik Kesehatan Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan SADARI (68,3%)
Item Type: | Thesis (Karya Tulis Ilmiah) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemeriksaan Payudara Sendiri |
Subjects: | R Medicine > RG Gynecology and obstetrics |
Divisions: | Jurusan Kebidanan > Prodi D-III (KTI) |
Depositing User: | Unnamed user with email info@poltekkes-kdi.ac.id |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 07:54 |
Last Modified: | 28 Aug 2018 07:54 |
URI: | http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/id/eprint/99 |
Actions (login required)
View Item |