Sultan Akbar Toruntju, Penulis (2014) HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN PAGI, PENDAPATAN KELUARGA, ASUPAN ENERGI PROTEIN DAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH, 2014. Jurnal Kesehatan Avicenna, XXI (1). pp. 54-63.
|
Text
Penelitian-2014 copy.pdf Download (156kB) | Preview |
Abstract
Abstrak Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis proses belajar ke tingkat siswa di sekolah dasar 04 Mandonga, Puuwatu. Karakteristik penelitian adalah survei analitik, dengan menggunakan pendekatan studi crossectional yaitu peneliti melakukan observasi dan pengukuran dalam variabel demenden dan variabel dependen pada saat yang sama. Jumlah populasi penelitian adalah semua siswa, IV dan V, dengan jumlah 165 siswa dan jumlah sampel penelitian adalah 51 pupis sebagai sponden, diambil dengan menggunakan proporsional puas sampling acak. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa ada korelasi faktor yang signifikan: kebiasaan sarapan dengan (p = 0,000 <ἀ 0,05), pendapatan keluarga (p = 0,022 <ά 0,05), asupan energi (p = 0,002 <ἀ 0 , 05), asupan protein (p = 0,028 <ά 0,05) dan lingkungan keluarga (p = 0,000 <ά 0,05) terhadap tingkat prestasi proses belajar siswa. Hasil analisis multi-varian diperoleh bahwa variabel-variabel bebas yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap prestasi belajar siswa tingkat pencapaian, yaitu l asupan energi dengan nilai Exp. (B) 0,654 pada tingkat kepercayaan 95% dengan Batas bawah = 0,078 dan Batas atas = 5,468. Kesimpulan: ada korelasi antara faktor-faktor: kebiasaan sarapan, penghasilan keluarga, asupan energi, asupan protein, lingkungan keluarga terhadap proses belajar tingkat prestasi siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi belajar, Sarapan Pagi, Asupan Energi Protein, Lingkungan Keluarga |
Subjects: | R Medicine > RN Nutrition |
Divisions: | Jurnal > Jurnal Gizi |
Depositing User: | Unnamed user with email info@poltekkes-kdi.ac.id |
Date Deposited: | 13 Feb 2019 07:13 |
Last Modified: | 13 Feb 2019 07:13 |
URI: | http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/id/eprint/883 |
Actions (login required)
View Item |