GAMBARAN KADAR KOLESTEROL DAN RASIO LINGKAR PINGGANG PANGGUL PADA SUKU BAJAU USIA 45 TAHUN KE ATAS DI DESA MEKAR KECAMATAN SOROPIA KABUPATEN KONAWE

Febyana Sesa Purwaningrum, Penulis and Rita Irma, Pembimbing 1 and Astati, Pembimbing 2 (2018) GAMBARAN KADAR KOLESTEROL DAN RASIO LINGKAR PINGGANG PANGGUL PADA SUKU BAJAU USIA 45 TAHUN KE ATAS DI DESA MEKAR KECAMATAN SOROPIA KABUPATEN KONAWE. Karya Tulis Ilmiah thesis, Poltekkes Kemenkes Kendari.

[img]
Preview
Text
KTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Masyarakat Bajau membangun budaya erat dengan kehidupan mereka sebagai nelayan, pemanfaatan laut dan hasilnya yang ditunjang oleh pendidikan dan sistem ekonomi. Kebiasaan makan yang terbentuk sejak kecil memanfaatkan sumber laut seperti spesies ikan, cumi-cumi, kepiting, berbagai jenis kerang, bulu babi, gurita. Oleh sebab itu hal tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol dan rasio lingkar pinggang panggul. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik masyarakat suku Bajau, kadar kolesterol dan rasio lingkar pinggang panggul. Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif observasional yang bertujuan untuk mengetahui gambaran kadar kolesterol dan rasio lingkar pinggang panggul yang dilaksanakan pada 15-22 Juli 2018 di Desa Mekar Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe. Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu 53 orang. Proses pengambilan data diperoleh melalui wawancara, pengambilan darah tepi dan pengukuran lingkar pinggang panggul. Hasil : penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian masyarakat suku Bajau memiliki usia 45-59 tahun dengan persentase 66,0%, dengan jenis kelamin perempuan yakni 60,4%, dengan tingkat pendidikan sebagian besar tamat SD yakni 54,7%, pekerjaan sebagian besar merupakan nelayan yakni 74,1%, agama 100% islam. Kadar kolesterol dalam kategori tinggi yaitu sebesar 50,9%. rasio lingkar pinggang panggul dalam kategori obesitas abdominal yaitu sebesar 75,4%. Penelitian ini menyarankan perlunya tenaga kesehatan untuk memberikan edukasi tentang pola hidup sehat, pesan gizi seimbang. dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Item Type: Thesis (Karya Tulis Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: kadar kolesterol, suku bajau, rasio lingkar pinggang panggul
Subjects: R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Jurusan Gizi > Prodi D.III Gizi
Depositing User: Unnamed user with email info@poltekkes-kdi.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:55
Last Modified: 16 Oct 2018 05:09
URI: http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/id/eprint/762

Actions (login required)

View Item View Item