HUBUNGAN STATUS IMUNISASI DENGAN KEJADIAN ISPA PADA ANAK BALITA USIA 13-18 BULAN DI PUSKESMAS PAMANDATI KABUPATEN KONAWE SELATAN PROVINSI SULAWESI TENGGARA TAHUN 2018

AmaliaDwi Apriliani Baari, Penulis and Sultina Sarita, Pembimbing 1 and Feryani, Pembimbing 2 (2018) HUBUNGAN STATUS IMUNISASI DENGAN KEJADIAN ISPA PADA ANAK BALITA USIA 13-18 BULAN DI PUSKESMAS PAMANDATI KABUPATEN KONAWE SELATAN PROVINSI SULAWESI TENGGARA TAHUN 2018. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Kendari.

[img]
Preview
Text
Amalia Dwi AB SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

AmaliaDwi Apriliani Baari1, Sultina Sarita2, Feryani2 Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan status imunisasi dengan kejadian ISPA pada anak balita usia 13-18 bulan di Puskesmas Pamandati Kabupaten Konawe Seltan Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2018. Latar Belakang: Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) adalah penyakit saluran pernapasan akut disebabkan oleh agen infeksius yang ditularkan dari manusia ke manusia. Timbulnya gejala biasanya cepat, yaitu dalam waktu beberapa jam sampai beberapa hari. MetodePenelitian: Penelitian ini menggunakan observasional analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pasien atau anak balitausia 13-18 bulan yang berada diwilayah kerja Puskesmas Pamandati yang berjumlah 34 balita.Tehnik pengambilan sampel dengan teknik accidental sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar kuesioner dan KMS untuk mengetahui status imunisasi dan kejadian ISPA yang terjadi pada Balita. Data dianalisis dengan ujichi square test. HasilPenelitian: Hasil penelitian Mayoritas balita yang mendapatkan imunisasi lengkap cenderung tidak mengalami kejadian ISPA dari total 20 balita yang mendapatkan imunisasi lengkap 15 diantaranya tidak mengalami kejadian ISPA sedangkan 5 balita mengalami ISPA. Sedangkan untuk balita yang tidak mendapatkan imunisasi lengkap cenderung mengalami kejadian ISPA, dari total 14 orang balita yang mendapatkan imunisasi tidak lengkap terdapat 10 orang balita yang mengalami kejadian ISPA sedangkan 4 orang sisanya tidak mengalami kejadian ISPA.Berdasarkan hasil uji chi square testmenunjukkan bahwa penelitian dari 34 responden diperoleh nilai signifikansi (p) sebesar 0.007 (p < 0,05) yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan status imunisasi dengan kejadian ISPA pada anak balita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: status imunisasi, ISPA.
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Jurusan Kebidanan > Prodi D-IV Kebidanan
Depositing User: Unnamed user with email info@poltekkes-kdi.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2018 07:14
Last Modified: 20 Sep 2018 07:14
URI: http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/id/eprint/603

Actions (login required)

View Item View Item