Erlin Pratiwi, Penulis and Siti Aisa, Pembimbing 1 and Wahida, Pembimbing 2 (2018) HUBUNGAN BUDAYA DENGAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE IBU HAMIL DI PUSKESMAS ABUKI KABUPATEN KONAWE TAHUN 2018. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Kendari.
|
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Erlin Pratiwi1, Siti Aisa 12, Wahida S 22 Latar Belakang: Pelayanan antenatal merupakan pelayanan yang diterima wanita selama kehamilan dan sangat penting dalam membantu memastikan bahwa ibu dan janin selamat dalam kehamilan dan persalinan.(Mufdillah, 2012). Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan Budaya dengan Kunjungan Antenatal Care Ibu Hamil di Puskesmas Abuki Kabupaten Konawe tahun 2018. Jenis penelitian: Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan atau desain penelitian cross sectional. Populasi 180 orang dengan sampel 65 orang dengan teknik accidental sampling. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dengan mengacu pada rumusan masalah dan tujuan serta hipotesis penelitian, maka dapat disimpulkan ibu hamil dengan budaya positif sebanyak 37 orang (56,92%%) dan kunjungan antenatal care yang teratur 34 orang (52,31%). Serta ibu hamil dengan budaya negatif 28 orang (43,08%) dan kunjungan antenatal care yang tidak teratur 31 orang (47,69%). Berdasarkan uji statistik Chi Square didapatkan hasil, ada hubungan budaya dengan kunjungan antenatal care ibu hamil di Puskesmas Abuki Kabupaten Konawe (ρ Value = 0,00). Kesimpulan: Dari 65 Responden yang berada di Puskesmas Abuki indicator positif sebanyak 56,92%, indicator teratur sebanyak 52,31%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Budaya, Kunjungan Antenatal Care |
Subjects: | R Medicine > RG Gynecology and obstetrics |
Divisions: | Jurusan Kebidanan > Prodi D-IV (Skripsi) |
Depositing User: | Unnamed user with email info@poltekkes-kdi.ac.id |
Date Deposited: | 20 Sep 2018 06:36 |
Last Modified: | 20 Sep 2018 06:36 |
URI: | http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/id/eprint/597 |
Actions (login required)
View Item |