Pelaksanaan Asuhan Keperawatan di Ruang Isolasi COVID-19: Kajian Mixed Methode

Muhsinah, Sitti and Rini, Dewi Sartiya and Tahir, Rusna (2023) Pelaksanaan Asuhan Keperawatan di Ruang Isolasi COVID-19: Kajian Mixed Methode. Health Information : Jurnal Penelitian, 15 (2). pp. 1-11. ISSN 2085-0840

[img]
Preview
Text (Jurnal Penelitian)
Jurnal Pelaksanaan Asuhan Keperawatan di Ruang Isolasi Covid_Sitti Muhsinah.pdf

Download (195kB) | Preview
Official URL: https://myjurnal.poltekkes-kdi.ac.id/index.php/hij...

Abstract

Perawat adalah garda terdepan dalam penanganan COVID-19. Melaksanakan asuhan keperawatan kepada pasien COVID-19 di ruang isolasi merupakan suatu tantangan bagi perawat. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pelaksanaan asuhan keperawatan pada pasien COVID-19 di ruang isolasi RSUD Kota Kendari. Studi ini menggunakan pendekatan mixed methode, desain concurrent triangulation dengan jumlah 17 partisipan yang bertugas di ruang Isolasi COVID-19. Pelaksanaan pengkajian memiliki skor terendah yaitu 57,5 dengan indeks 67.6 %, penegakan diagnosa keperawatan memiliki skor 74 dengan indeks 87,1 %, rencana keperawatan memiliki skor 75 dengan indeks 88,2 %, skor implementasi 72,5 dengan indeks 85,3 %, dan evaluasi keperawatan dengan skor 75 dan indeks 88,2 %. Terdapat perbedaan signifikan antara skor pelaksanaan pengkajian dengan umur (p= 0,034) dan jabatan perawat (p=0,009). Dalam penelitian ini diperoleh 9 tema yaitu pengkajian keperawatan tidak maksimal, pengkajian fokus pada keluhan, diagnosa keperawatan sama dengan yang direkam medis, diagnosa utama, intervensi kolaborasi, intervensi berkesinambungan, implementasi kurang kooperatif, implementasi kurang maksimal dan evaluasi keperawatan berkesinambungan.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Jurnal > Jurnal Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email info@poltekkes-kdi.ac.id
Date Deposited: 04 Sep 2024 02:35
Last Modified: 04 Sep 2024 02:35
URI: http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/id/eprint/4617

Actions (login required)

View Item View Item