GAMBARAN POLA MAKAN DAN STATUS GIZI PADA REMAJA PENGGUNA GAME ONLINE DI SMA NEGERI 1 KENDARI

SURYANI, IRMA (2024) GAMBARAN POLA MAKAN DAN STATUS GIZI PADA REMAJA PENGGUNA GAME ONLINE DI SMA NEGERI 1 KENDARI. Karya Tulis Ilmiah thesis, Poltekkes Kemenkes Kendari.

[img]
Preview
Text
Cover-Daftar Gambar..pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 (1).pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 (2).pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 (1).pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4 (1).pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 (1).pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka (6).pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran (6).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/

Abstract

Latar belakang : Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengidentifikasi kecanduan game online sebagai gangguan mental (WHO, 2018). Di Indonesia sendiri, terdapat 6 juta penggemar game online, sebagian besar adalah remaja, sekitar 40%, yang berdampak negatif pada mereka yang tidak bisa berhenti bermain. Game online dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari, terutama yang berkaitan dengan kebiasaan makan, dan secara signifikan mempengaruhi status gizi remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola makan dan status gizi pada remaja pengguna game online di SMA Negeri 1 Kendari. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Yang dilakukan pada bulan februari 2024, dengan jumlah sampel yang digunakan yaitu 51 orang remaja pengguna game online di SMA Negeri 1 Kendari. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling. Hasil : Hasil penelitian menunjukan bahwa remaja pengguna game online yang memiliki pola makan cukup sebanyak 39 orang (76,5%) dan kurang sebanyak 12 orang (23,5%). Status gizi pada remaja pengguna game online yang memiliki status gizi kurang sebanyak 1 orang (2%), gizi baik sebanyak 44 orang (86,3%), gizi lebih sebanyak 5 orang (9,8 dan obesitas sebanyak 1 orang (2%). Untuk remaja pengguna game online yang kecanduan sebanyak 25 orang (49%) dan tidak kecanduan sebanyak 26 orang (51%). Kesimpulan : Pola makan pada remaja pengguna game online di SMA Negeri 1 Kendari sebagian besar memiliki pola makan yang cukup sebesar 76,5%. Status gizi pada remaja pengguna game online sebagian besar memiliki status gizi baik 86,3% tetapi untuk remaja pengguna game online di SMA Negeri 1 Kendari masih tergolong banyak yang kecanduan terhadap game online yaitu 49% dan tidak kecanduan 51% Saran : Diharapkan bagi remaja agar dapat mengontrol waktu dalam bermain game online serta memperhatikan pola makan agar status gizi tetap dalam keadaan baik.

Item Type: Thesis (Karya Tulis Ilmiah)
Contributors:
ContributioncontributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPetrus, PetrusUNSPECIFIED
Thesis advisorGobel, Sri Yunanci VanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Game Online, Pola Makan, Status Gizi
Subjects: R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Jurusan Gizi > Prodi Diploma III Gizi
Depositing User: Unnamed user with email info@poltekkes-kdi.ac.id
Date Deposited: 30 Aug 2024 03:25
Last Modified: 01 Sep 2024 23:36
URI: http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/id/eprint/4607

Actions (login required)

View Item View Item