PENGARUH PENYULUHAN GIZI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI DAN TANPA MEDIA TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI TENTANG ANEMIA DI SMAN 1 LAMBUYA

SERAYANI, DESTY (2024) PENGARUH PENYULUHAN GIZI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI DAN TANPA MEDIA TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI TENTANG ANEMIA DI SMAN 1 LAMBUYA. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Kendari.

[img]
Preview
Text
Cover- Daftar Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Naskah Publikasi Desty.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (735kB) | Preview
Official URL: http://repository.poltekkes-kdi.ac.id

Abstract

Masalah gizi yang sering dijumpai pada remaja adalah anemia. Penyuluhan gizi sebagai Upaya menyampaikan informasi untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap dalam pencegahan anemia dapat diberikan melalui berbagai media seperti media audio visual, poster, leaflet, dan video animasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaa tingkat pengetahuan dan sikap dalam pencegahan anemia melalui penyuluhan gizi dengan menggunkan media video animasi dan tanpa menggunakan media. Metode penelitian ini pre test post test with controlled group design, responden adalah remaja putri SMAN 1 Lambuya. Jumlah sampel 64 remaja putri terbagi, kelompok control 32 dan kelompok perlakuan 32. Teknik pengambilan sampel dengan metode random sampling instrument yang di gunakan yaitu kuisioner. Di analisis menggunakan uji Paired t -test dan Indefendent t-test Hasil penelitian menunjukan pengetahuan pada kelompok control saat pre test hanya sebesar 15,5% dalam katgori baik, post-test pengetahuan dengan kategori baik meningkat menjadi 75%. Pengetahuan pada kelompok Perlakuan saat pre-test sebesar 37,5% kategori baik dan post-test seluruhnya (100%) kategori baik. Dan sikap Remaja putri pada kedua kelompok sebelum dan sesudah penyuluhan gizi seluruhnya (100%) dalam kategori baik. Selisih nilai rata-rata variabel pengetahuan pada kelompok control -7.758 dan pada kelompok perlakuan -12.889. Sedangkan selisih nilai rata-rata pada variabel sikap pada kelompok control -1.462 dan pada kelompok perlakuan 1.406. Hasil uji indefenden t test ada perbedaan pengaruh peggunaan media video animasi dan tanpa media terhadap pengetahuan remaja putri tentang anemia dengan p value <0,01. dan ada perbedaan pengaruh peggunaan media video animasi dan tanpa media terhadap sikap remaja putri tentang anemia dengan p value <0,01 Kesimpulan diharapkan remaja putri menerapkan pengetahuan yang diperoleh, dan peningkatan kerjasama pihak sekolah dengan institusi pelayanan kesehatan melalui program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributioncontributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorImanuddin, ImanuddinUNSPECIFIED
Thesis advisorFathurrahman, TeguhUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Jurusan Gizi > Prodi Diploma IV Gizi
Depositing User: Unnamed user with email info@poltekkes-kdi.ac.id
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:20
Last Modified: 26 Aug 2024 03:20
URI: http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/id/eprint/4533

Actions (login required)

View Item View Item