Astarina, Desi
(2023)
GAMBARAN PENERAPAN BIBLIOTERAPI TERHADAP TINGKAT
ANSIETAS PADA ANAK USIA SEKOLAH YANG MENGALAMI
HOSPITALISASI DENGAN DIAGNOSA MEDIS INFEKSI SALURAN
KEMIH DI RSUD KOTA KENDARI.
Karya Tulis Ilmiah thesis, Poltekkes Kemenkes Kendari.
Abstract
Pendahuluan: Hospitalisasi adalah salah satu alasan yang mengharuskan anak untuk
tinggal dirumah sakit agar mendapatkan perawatan dan juga pengobatan hingga anak
tersebut kembali ke rumahnya. Hospitalisasi dianggap sebagai penyebab anak menjadi
cemas. Salah satu cara untuk mengurangi kecemasan selama dirawat di rumah sakit
adalah dengan memberikan biblioterapi. Biblioterapi adalah aktivitas dengan
menggunakan buku cerita anak-anak sebagai media untuk mengurangi kecemasan.
Media tersebut sangat bagus untuk merangsang munculnya diskusi karena adanya rasa
takut, malu, bersalah serta perasaan cemas. Tujuan : Mengetahui gambaran penerapan
biblioterapi terhadap tingkat ansietas pada anak usia sekolah yang mengalami
hospitalisasi di RSUD Kota Kendari. Metode : Desain penelitian ini menggunakan
deskriptif dengan pendekatan studi kasus, subjek dalam penelitian ini adalah An. M
dengan diagnosa medis Infeksi Saluran Kemih. Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa tingkat kecemasan sebelum dan sesudah intervensi memiliki skor yang berbeda
dimana sebelum dilakukan biblioterapi skor cemas 13 (cemas berat) setelah dilakukan
biblioterapi skor cemas 5 (cemas ringan). Kesimpulan : Terjadi penurunan tingkat
ansietas setelah diberikan biblioterapi selama 2 hari. Saran : Dengan adanya hasil
penelitian ini, diharapkan dapat dikembangkan pada penelitian lebih lanjut dengan
intervensi biblioterapi lebih dari 2 hari sehingga mendapatkan hasil penelitian yang lebih
akurat.
Kata Kunci : Biblioterapi, Tingkat Ansietas, Hospitalisasi, Anak Usia Sekolah
Actions (login required)
|
View Item |