PERSEPSI KLIEN TERHADAP PENERAPAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DI RUANG PERAWATAN RUMAH SAKIT SANTA ANNA KENDARI

Nita Sriana, Penulis and Abd. Syukur Bau, Pembimbing 1 and Reni Devianti Usman, Pembimbing 2 (2016) PERSEPSI KLIEN TERHADAP PENERAPAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DI RUANG PERAWATAN RUMAH SAKIT SANTA ANNA KENDARI. Karya Tulis Ilmiah thesis, Poltekkes Kemenkes Kendari.

[img]
Preview
Text
NITA SRIANA.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Nita Sriana (NIM. P00320013021). “Persepsi Klien Terhadap Penerapan Komunikasi Terapeutik Perawat di Ruang Perawatan Rumah Sakit Santa Anna Kendari”. Pembimbing I : Abdul Syukur Bau dan Pembimbing II : Reni Devianti Usman Perkembangan keperawatan di Indonesia telah mengalami perubahan yang sangat pesat mencakup seluruh aspek keperawatan pendidikan, pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kehidupan keprofesian dalam keperawatan. Perilaku praktisi medis maupun perawat cenderung tidak mempertimbangkan prosesproses komunikasi, pertukaran informasi, dan interaksi sosial dengan klien sementara hal ini saling menguntungkan untuk kedua pihak. Klien mengharapkan perawat memiliki pengetahuan dan kemampuan yang memadai tentang masalah dan kondisi kesehatannya sehingga perawat mampu mengatasi dan merespon setiap keluhan yang dialami oleh klien. Komunikasi dalam profesi keperawatan sangat diperlukan dalam upaya mengatasi masalah klien. Komunikasi tersebut dinamakan komunikasi terapeutik. Komunikasi terapeutik adalah komunikasi yang direncanakan secara sadar, bertujuan dan kegiatannya dipusatkan untuk kesembuhan klien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi klien terhadap penerapan komunikasi terapeutik perawat di Ruang Perawatan Rumah Sakit Santa Anna Kendari Tahun 2016. Penelitian ini dilaksanakan di ruang perawatan Rumah Sakit Santa Anna mulai tanggal 20 Februari sampai 21 Juni 2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh klien dewasa di ruang perawatan Rumah Sakit Santa Anna Kendari. Sampel penelitian berjumlah 37 orang dengan tekhnik pengambilan sampel accidental Sampling. Hasil penelitian ini menurut persepsi klien perawat yang menerapkan komunikasi terapeutik pada fase orientasi dengan kategori baik berjumlah 35 orang (94,6%) dan kategori kurang 2 orang (5,4%) sedangkan menurut persepsi klien perawat yang menerapkan komunikasi terapeutik pada fase kerja dengan kategori baik berjumlah 29 orang (78,4%) dan kategori kurang berjumlah 8 orang (21,6%), dan menurut persepsi klien perawat yang menerapkan komunikasi terapeutik pada fase terminasi dengan kategori baik berjumlah 23 orang (62,2%) dan kategori kurang berjumlah 14 orang (37,8%). Sehingga kesimpulan dari penelitian ini menurut persepsi klien perawat yang menerapkan komunikasi terapeutik untuk kategori baik berjumlah 27 orang (73,0%) dan kategori kurang berjumlah 10 orang (27,0%). Diharapkan dari hasil penelitian ini Rumah Sakit Santa Anna Kendari mengadakan penyegaran kepada perawat tentang komunikasi terapeutik mengenai metode dan tata cara yang lebih baik dalam pelayanan klien dengan komunikasi terapeutik dan lebih meningkatkan penerapan komunikasi terapeutik perawat kepada klien terutama pada fase terminasi

Item Type: Thesis (Karya Tulis Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Terapeutik, Fase Orientasi, Fase Kerja, Fase Terminasi, Klien, Rawat Inap
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan > Prodi D-III Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email info@poltekkes-kdi.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2018 05:12
Last Modified: 12 Sep 2018 05:12
URI: http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/id/eprint/369

Actions (login required)

View Item View Item