IDENTIFIKASI KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS KELAS III TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG ASOKA RSU BAHTERAMAS PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Muhamad Nur Rahmad, Penulis and Hj. Nurjannah, Pembimbing 1 and Anita Rosanty, Pembimbing 2 (2016) IDENTIFIKASI KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS KELAS III TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG ASOKA RSU BAHTERAMAS PROVINSI SULAWESI TENGGARA. Karya Tulis Ilmiah thesis, Poltekkes Kemenkes Kendari.

[img]
Preview
Text
Karya Tulis Ilmiah Muahamad Nur Rahmad (P00320013020).pdf

Download (582kB) | Preview

Abstract

Muhamad Nur Rahmad ( P00320013020 ) Identifikasi kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan kelas III terhadap pelayanan keperawan di Ruang Asoka RSU Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2016. Di Bimbing oleh Hj. Nurjannah, dan Anita Rosanty ( xiv + 67 halaman + 9 lampiran + 12 tabel ). Kepuasan adalah perasaan senang yang seseorang peroleh setelah mendapat pelayanan di institusi atau di tempat pelayanan. Untuk mengukur kepuasan terbagi atas beberapa dimensi yaitu dimensi bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), empaty dan jaminan (assurance ) dari institusi penyelenggara pelayanan kesehatan.Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh dan mengidentifikasi kepuasan yang di rasakan oleh pasien BPJS kesehatan kelas III terhadap pelayanan keperawatan yang di tinjau dari 4 dimensi yaitu dimensi bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), dan empaty. jenis penelitian deskriptif yang di lakukan pada tanggal 8-9 Juni 2016. Populasi berjumlah 132 dan Sampel penelitian berjumlah 33 pasien yang di ambil secara accidental sampling. Penelitian menggunakan instrument penelitian lembar kuisioner. Data di olah dengan cara coding, editing, scoring, dan tabulating. Hasil penelitian menunjukan kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan kelas III terhadap pelayanan keperawatan berdasarkan dimensi bukti fisik (tangible) yang mengatakan puas sebanyak 27 responden (82 %) dan yang mengatakan tidak puas sebanyak 6 responden (18 %), berdasarkan dimensi kehandalan (reliability) yang mengatakan puas sebanyak 27 responden (82 %) dan yang mengatakan tidak puas sebanyak 6 responden (18 %), berdasarkan dimensi daya tanggap (responsiveness) yang mengatatakan puas sebanyak 28 responden (85 %) dan yang mengatakan tidak puas sebanyak 5 responden (15 %) berdasarkan dimensi empaty (emphaty) yang menagatakan puas sebanyak 30 responden (91 %) dan yang mengatakan tidak puas sebanyak 3 responden(1 %). Kesimpulan keseluruhan hasil penelitian responden yang mengatakan puas sebanyak 28 responden (85 %) dan yang mengatakan tidak puas sebanyak 5 responden (15%). Saran bagi institusi pendidikan Poltekkes Kendari sebagai bahan referensi kepustakaan teruntuk mahasiswa untuk dapat mengembangkan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Karya Tulis Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Pasien BPJS, Pelayanan Keperawatan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan > Prodi D-III Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email info@poltekkes-kdi.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2018 05:01
Last Modified: 12 Sep 2018 05:01
URI: http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/id/eprint/366

Actions (login required)

View Item View Item