Amaliya Alimuddin, Penulis and Melania Asi, Pembimbing 1 and Andi Malahayati N, Pembimbing 2 (2017) HUBUNGAN DISMENOREA DENGAN AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA PRODI DIV JURUSAN KEBIDANAN POLTEKKES KEMENKES KENDARI. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Kendari.
|
Text
PDF1.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui hubungan dismenorea dengan aktivitas belajar mahasiswa prodi DIV jurusan kebidanan poltekkes kemenkes kendari. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi adalah semua mahasiswa prodi DIV jurusan kebidanan yang berjumlah 185 orang.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknikstratified random sampling (sampel acak bertingkat) yakni pengambilan subyek dari setiap strata secara seimbang/sebanding denganbanyaknya subjekmasing-masingyak itingkat I sebanyak 17 orang, tingkat II sebanyak 20 orang, tingkat III sebanyak 15 orang dantingkat IV sebanyak 12 orang. Analisa data yang digunakan adalah univariat dalam bentuk narasi dan bivariat dengan rumus X². Berdasarkan analisis data diperolehhasil yaitu dari 64 mahasiswi menunjukan sebanyak 21 (32,8%) mahasiswi mengalami rasa nyeriberat, 37 (57,8%) mahasiswi mengalami rasa nyeri ringan dan 6 (9,4%) mahasiswi yang mengalami nyeri ringan pada saat menstruasi, dengan 47 (73,4%) mahasiswi terganggu aktivitas belajarnyadan 17 (26,5%) tidak terganggu aktivitasBelajarnya, darihasilujichi square menunjukan bahwa p < 0,05 (p=0,00). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan secara statistic anatara dismenorea dengan aktivitas belajar mahasiswa prodi DIV jurusan kebidanan poltekkes kemenkes kendari.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RG Gynecology and obstetrics |
Divisions: | Jurusan Kebidanan > Prodi D-IV (Skripsi) |
Depositing User: | Unnamed user with email info@poltekkes-kdi.ac.id |
Date Deposited: | 26 Aug 2018 13:26 |
Last Modified: | 28 Aug 2018 04:54 |
URI: | http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/id/eprint/34 |
Actions (login required)
View Item |