IDENTIFIKASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN TENTANG KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP LAIKA WARAKA KELAS III RSU BAHTERAMAS

Trivita Putri Solo, Penulis and Anita Rosanty, Pembimbing 1 and Nurfantri, Pembimbing 2 (2017) IDENTIFIKASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN TENTANG KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP LAIKA WARAKA KELAS III RSU BAHTERAMAS. Karya Tulis Ilmiah thesis, Poltekkes Kemenkes Kendari.

[img]
Preview
Text
16. SEMUA KTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Trivita Putri Solo (P00320014097) Identifikasi Tingkat Kepuasan Pasien Tentang Komunikasi Terapeutik Perawat di Ruang Rawat Inap Laika Waraka Kelas III RSU Bahteramas. Yang dibimbing oleh Ibu Anita Rosanty dan Ibu Nurfantri, (xiii + 62 halaman + 13 lampiran). Komunikasi terapeutik merupakan hubungan interpersonal antara perawat dan klien, dalam hubungan ini perawat dan klien memperoleh pengalaman belajar bersama dalam rangka memperbaiki pengalaman emosional klien. Komunikasi terapeutik terdiri atas dua jenis yaitu komunikasi verbal dan non verbal. Berdasarkan data tingkat kepuasan yang diperoleh dari RSU Bahteramas yaitu jumlah data pasien di ruang rawat inap pada tahun tahun 2016 adalah 82,41 % berdasarkan angka yang di dapat kepuasan pasien rawat inap dikatakan belum tercapai karena masih di bawah standar penilaian minimal kepuasan pasien yang ditetapkan. Rumusan masalah : Bagaimana tingkat kepuasan pasien tentang komunikasi terapeutik perawat di Ruang Rawat Inap Laika Waraka Kelas III RSU Bahteramas. Tujuan umum adalah bagaimana tingkat kepuasan pasien tentang komunikasi terapeutik perawat. Variabel penelitian ini yaitu tingkat kepuasan pasien tentang komunikasi terapeutik perawat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan jumlah populasi sebanyak 229 orang dan sampel sebanyak 46 orang responden yang merupakan pasien ruang rawat inap. Penelitian ini menggunakan tehnik Accidental Sampling. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian tingkat kepuasan pasien tentang komunikasi verbal perawat sebanyak 58.7 % mengatkan puas dan 41.3 % mengatakan tidak puas. Sedangkan tingkat kepuasan pasien tentang komunikasi non verbal perawat sebanyak 63.0 % mengatakan puas dan 37.0 % tidak puas. Simpulan : tingkat kepuasan pasien tentang komunikasi terapeutik perawat sebanyak 58.7 % mengatkan puas dan 41.3 % mengatakan tidak puas. Dalam penelitian ini, peneliti menyarankan kepada perawat untuk terus meningkatkan kemampuan komunikasi terapeutiknya dalam hal ini komunikasi verbal seperti memperkenalkan identitas dan komunikasi non verbal seperti memperhatikan gesture tubuh, ekspresi dan kontak mata yang wajar

Item Type: Thesis (Karya Tulis Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien, Komunikasi terapeutik perawat
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan > Prodi D-III Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email info@poltekkes-kdi.ac.id
Date Deposited: 06 Sep 2018 07:53
Last Modified: 06 Sep 2018 07:53
URI: http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/id/eprint/325

Actions (login required)

View Item View Item