Patadungan, Ledi Atti
(2022)
ASUHAN KEPERAWATAN PADA BY.S DENGAN DIAGNOSIS ISPA
DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN OKSIGENASI
DI UPTD PUSKESMAS ABELI
KOTA KENDARI.
Karya Tulis Ilmiah thesis, Poltekkes Kemenkes Kendari.
Abstract
Kebutuhan oksigenasi merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan
sangat vital bagi tubuh. Masalah pada sistem pernapasan seperti Infeksi Saluran
Pernapasan Akut (ISPA) masih menjadi penyebab utama kematian pada bayi dan
anak-anak. Kejadian ISPA pada balita tertinggi terjadi pada kelompok umur 12-23
bulan yaitu sebesar 14,4% dengan jumlah 18.333 kasus (Kemenkes, 2019). Pada
Provinsi Sulawesi Tenggara prevalensi ISPA pada balita pada tahun 2018 sebesar
10,1% dengan jumlah 1.169 kasus. Puskesmas Abeli mencatat penderita ISPA
tahun 2021 pada usia < 1-5 tahun sebanyak 57 kasus. Masalah pada sistem
pernapasan menyebabkan anak perlu mendapatkan perawatan di Puskesmas. Peran
perawat untuk merawat pasien dengan gangguan kebutuhan oksigenasi adalah
melalui pendekatan proses keperawatan. Tujuan: Mengetahui gambaran asuhan
keperawatan pada anak dalam pemenuhan kebutuhan oksigenasi di Puskesmas
Abeli Kota Kendari. Metode: Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif
dengan studi kasus dalam pemenuhan kebutuhan oksigenasi pada anak. Sampel:
yang akan diteliti adalah 1 pasien dengan usia anak yang mengalami gangguan
pemenuhan kebutuhan oksigenasi. Hasil: masalah yang sering timbul pada anak
dengan penyakit Infeksi salura pernapasan akut (ISPA) yaitu bersihan jalan napas
tidak efektif. Tanda-tanda vital :N:120x/menit, RR:30x/menit, S:38,4oC, SPO2:
97%. Bersihan jalan napas tidak efektif adalah ketidakmampuan membersihkan
sekret atau obstruksi jalan napas untuk mempertahankan jalan napas tetap paten.
Kesimpulan: Masalah keperawatan bersihan jalan napas tidak efektif pada pasien
ISPA teratasi setelah dilakukan intervensi selama 3 hari. Hasil TTV nadi
118x/menit, pernapasan 28x/menit suhu 36,8 oC, SPO2: 98%
Kata Kunci: Anak, Asuhan Keperawatan, ISPA, Kebutuhan Oksigenasi.
Actions (login required)
|
View Item |