ANNISA, AMELIA RIFKA
(2021)
ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF
PADA NY. I DI BPM DHARMA BAKTI
KOTA KENDARI.
Laporan Tugas Akhir thesis, Poltekkes Kemenkes Kendari.
Abstract
Pelayanan antenatal dilakukan dengan memberikan pelayanan yang
berkualitas dimulai sejak kehamilan, persalinan, nifas termasuk perawatan
bayi baru lahir. Asuhan yang diberikan mengutamakan asuhan
komprehensif dengan pelayanan terpusat pada wanita (women centered)
dan keluarga (family centered) dengan memperhatikan hak ibu dalam
kehamilan. Laporan Tugas Akhir dilakukan dengan tujuan memberikan
asuhan kebidanan komprehensif dengan menggunakan pendekatan
manajemen kebidanan.
Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus
dalam melakukan asuhan kebidanan komprehensif dengan menggunakan
manajemen asuhan kebidanan 7 langkah Varney dan pendokumentasian
SOAP. Subjek penelitian adalah Ny.I G4P3A0 usia 32 tahun di BPM Dharma
Bakti. Asuhan kebidanan dilakukan sejak tanggal 19 Maret sampai 30 April
2021.
Asuhan yang diberikan pada Ny.I pada masa kehamian dengan
mengkaji semua aspek kesehatan ibu dan janin termasuk riwayat
kesehatan, pemeriksaan fisik umum, pemeriksa fisik kepala sampai kaki,
pemeriksaan penunjang dan pemberian konseling, informasi dan edukasi
(KIE). Asuhan kebidanan yang dilakukan pada masa persalinan
menerapkan asuhan dengan prinsip sayang ibu sesuai standar asuhan
persalinan. Asuhan kebidanan pada ibu nifas dilakukan dengan melakukan
pemantauan tanda-tanda vital, proses involusi uterus (TFU dan kontraksi),
pengeluaran lochea, persiapan laktasi, informasi kesehatan termasuk
konseling kontrasepsi. Asuhan kebidanan pada bayi baru lahir mencakup
pemantauan tanda-tanda vital, mempertahankan suhu tubuh, perawatan
tali pusat termasuk pemberian ASI.
Hasil asuhan kebidanan yang diberikan pada Ny.I usia 32 tahun sejak
bulan Maret sampai April tahun 2021 berjalan dengan baik dan tidak ada
komplikasi yang menyertai.
Kata Kunci : Asuhan Kebidanan, Komprehensif, Kehamilan, Persalinan,
Nifas dan Bayi Baru Lahir
Actions (login required)
|
View Item |