Marta, Ana
(2021)
GAMBARAN STATUS GIZI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN GIZI POLTEKKES KENDARI PADA MASA PANDEMI.
Karya Tulis Ilmiah thesis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Kendari.
Abstract
Latar belakang : Status gizi dapat memengaruhi tingkat kecerdasan dan kemampuan mahasiswa dalam menangkap pelajaran. Mahasiswa dengan status gizi baik dapat lebih mudah dalam menerima pelajaran di kampus dan mampu mendapatkan hasil belajar yang memuaskan dan maksimal, Adapun penelitian yang dilakukan oleh Cahyanto menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara status Gizi dan prestasi belajar. Begitupula dengan penelitian Prayogi menyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara status Gizi terhadap prestasi belajar mahasiswa. Sebagai mahasiswa dengan jenjang pendidikan Poltekkes Kendari proses pembelajran diterapkan dengan penguatan kognitif, afektif dan psikometrik.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survey dan telah dilaksanakan pada bulan September 2021 bertempat di kampus gizi. Sampel yang digunakan penelitian ini yaitu mahasiswa jurusan gizi .Jumlah sampel adalah 55 orang dengan menggunakan teknik total sampling.
Hasil : penelitian ini menunjukan bahwa dari 55 Sampel, dapat diketahui bahwa 8 sampel (16,3%) memiliki status gizi kurus dan 35 sampel (63,6%) memiliki status gizi normal dan 11 sampel ( 20%), memiliki status gizi gemuk, sedangkan untuk prestasi belajar menunjukan bahwa bahwa dari 55 sampel, dapat di ketahui bahwa 1 sampel (1,8%), sangat baik,dan 51 sampel (92,7%) baik dan 3 sampel (5,4%) cukup.
Penelitian ini menyarankan Untuk meningkatkan pola makan yang baik agar dapat memenuhi status gizi yang baik.
Kata kunci : status gizi, prestasi belajar mahasiswa,
Actions (login required)
|
View Item |