STUDI LITERATUR : GAMBARAN STATUS GIZI, KEBIASAAN SARAPAN PAGI DAN PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR

Siti Rahmin, Penulis and Ahmad, Pembimbing 1 and Teguh Faturrahman, Pembimbing 2 (2020) STUDI LITERATUR : GAMBARAN STATUS GIZI, KEBIASAAN SARAPAN PAGI DAN PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Kendari.

[img] Text
1. SITI RAHMIN P00331017042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BEBAS PUSTAKA.pdf

Download (283kB) | Preview
Official URL: http://repository.poltekkes-kdi.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Kebutuhan gizi pada anak, salah satunya adalah dengan memperhatikan pola asupan pada anak dalam kesehariannya. Untuk memenuhi asupan gizi anak mempunyai peranan yang penting dalam kebutuhan energi anak sekolah. Anak usia Sekolah Dasar sangat aktif melakukan aktivitas, maka dari itu sangat penting untuk sarapan pagi dan siap untuk menerima pelajaran, sebab aktivitas belajar adalah sebuah proses yang menghasilkan output prestasi belajar sebagai hasil dari aktivitas pembelajaran. Meteode Penelitian : Pencarian menggunakan metode Google Scholar untuk mendapatkan artikel sesuai dengan kriteria inklusi kemudian di lakukan review. Hasil : Hasil studi literatur dari sumber data berupa jurnal diketahui status gizi Anak Sekolah Dasar di temukan pada artikel 2, 3, 4 dan 5. Pada penelitian Syahnur, Askar, & Afrida (2013) seimbang 81,8 % (n=21) dan tidak seimbang 18,2% (n=6). Pada penelitian Lasidi, Umboh, & Ismanto, (2018) status gizi sangat kurus sebanyak 43,1 % (n=22), kurus 35,3% (n=18) dan normal 21,6% (n=11). Pada penelitian Rawung, Wungouw, & Pangemanan, (2020) indeks IMT/U status gizi kurang 5,5% (n=6), gizi lebih 12,8% (n=14) dan gizi normal 68,8% (n=75). Pada penelitian Sa’adah, Herman, & Sastri, (2014) Indeks IMT/U  normal 63,3%, wasting (kurus dan sangat kurus) 21,6%, indeks TB/U  normal sebanyak 90% dan stunting (pendek dan sangat pendek) 7,5%. Hasil studi literatur dari sumber data berupa jurnal diketahui sarapan pagi Anak Sekolah Dasar di temukan pada artikel 2, 3, dan 4. Pada penelitian Syahnur, Askar, & Afrida (2013) terbiasa 63,6% (n=21) dan tidak terbiasa 36,4% (n=12). Pada penelitian Lasidi, Umboh, & Ismanto, (2018) cukup 39,2% (n=20), kurang 35,3% (n=18) dan baik 25,5% (n=13). Pada penelitian. Hasil studi literatur dari sumber data berupa jurnal diketahui prestasi belajar Anak Sekolah Dasar di temukan pada artikel 1, 2, 3, 4, dan 5. Pada penelitian Mohammad Anas Anasiru, Misnati, Ni Nengah Puspawati (2017) baik 6,9 % (n=7), cukup 44% (n=45) dan kurang 49% (n=50). Pada penelitian Syahnur, Askar, & Afrida (2013) tinggi 75,8 % (n=25) dan rendah 24,2% (n=8). Pada penelitian Lasidi, Umboh, & Ismanto, (2018) rendah 52,9 % (n=27) dan tinggi 47,1% (n=24). Pada penelitian Rawung, Wungouw, & Pangemanan, (2020) sangat baik 6,4% (n=7), baik 34,6 % (n=38) dan cukup 67,4% (n=72). Pada penelitian Sa’adah, Herman, & Sastri, (2014) baik 69,2 % dan cukup 30,8% Kata kunci : Status Gizi, Kebiasaan Sarapan Pagi dan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Status Gizi, Kebiasaan Sarapan Pagi dan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar
Subjects: R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Jurusan Gizi > Prodi Diploma III Gizi
Depositing User: Unnamed user with email info@poltekkes-kdi.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2020 02:20
Last Modified: 13 Nov 2020 02:20
URI: http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/id/eprint/1713

Actions (login required)

View Item View Item