Siti Salmin, Penulis and La Banudi, Pembimbing 1 and Kameriah Gani, Pembimbing 2 (2019) PENGARUH PENDIDIKAN GIZI (PENYULUHAN) MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TENTANG JAJANAN SEHAT TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP ANAK DI SDN 06 KENDARI BARAT. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Kendari.
|
Text
Cover.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I-dikonversi.pdf Download (120kB) | Preview |
|
Text
BAB II-dikonversi.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB III Skripsi-dikonversi.pdf Download (156kB) | Preview |
|
Text
BAB IV-dikonversi.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V-dikonversi.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka-dikonversi.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran kuesioner.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang : Pangan jajanan memberikan kontribusi yang besar terhadap total asupan gizi anak sekolah. Jajanan anak sekolah menjadi suatu masalah yang akhir-akhir ini perlu diperhatikan oleh masyarakat, khususnya orang tua pihak sekolah, dan institusi pelayanan kesehatan karenan jajanan anak sekolah sangat beresiko tercemar oleh cemaran biologis atau kimiawi yang dapat mengganggu kesehatan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Tujuan : Tujuan dalam penulisan skripsi yaitu untuk mengetahui pengaruh pendidikan gizi (penyuluhan) dengan menggunakan media video tentang jajanan sehat terhadap pengetahuan dan sikap di SDN 06 Kendari Barat. Metode: Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental menggunakan rancangan one group pre and post test with control design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok, yakni satu kelompok perlakuan dan satu kelompok kontrol. Dengan sampel penelitian 85 orang anak terdiri atas 42 kelompok kontrol dan 43 kelompok perlakuan, dengan pengambilan sampel menggunakan total sampling. Hasil : Sebagian besar sampel berpengetahuan baik pada kelompok perlakuan maupun kontrol memiliki pengetahuan baik mengenai jajanan sehat yakni 64,3% (n=27) pada kelompok kontrol dan 51,2% (n=22) pada kelompok perlakuan. Sedangkan dari hasil post test menunjukan bahwa sebagian besar sampel mengalami peningkatan pengetahuan menjadi baik tentang jajanan sehat yakni 64,3% (n=27) pada kelompok kontrol dan 65,2% (n=28) pada kelompok perlakuan. Hasil uji statistik menunjukan terdapat pengaruh pendidikan gizi (penyuluhan) dengan menggunakan media video terhadap pengetahuan pada anak SDN O6 Kendari Barat (P=0,003). Sedangkan pada sikap bahwa hasil pre test menunjukan bahwa sebagian besar pada kelompok perlakuan maupun kontrol memiliki Sikap Tidak mendukung mengenai jajanan sehat yakni 40,5% (n=17) pada kelompok kontrol dan 44,2% (n=19) pada kelompok perlakuan. Sedangkan dari hasil post test menunjukan bahwa sebagian besar sampel mengalami penurunan sikap menjadi tidak mendukung tentang jajanan sehat yakni 40,5% (n=17) pada kelompok kontrol dan 51,2% (n=22) pada kelompok perlakuan. Hasil uji statistik menunjukan tidak terdapat pengaruh pendidikan gizi (penyuluhan) dengan menggunakan media video terhadap sikap pada anak SDN O6 Kendari Barat (P=0,526). Kesimpulan: Ada pengaruh yang bermakna secara statistik pemberian pendidikan gizi dengan menggunakan media video tentang jajanan sehat terhadap pengetahuan dan sikap di SDN 06 Kendari Barat. Saran perlu dilakukan penelitian sejenis dengan menggunakan media pendidikan yang berbeda sebagai pembanding sehingga dapat diketahui jenis media yang paling efektif untuk membantu penyampaian inforamasi lewat pendidikan kesehatan. Kata Kunci : Penyuluhan, Pengetahuan, Sikap, Video, Jajanan Sehat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penyuluhan, Pengetahuan, Sikap, Video, Jajanan Sehat |
Subjects: | R Medicine > RN Nutrition |
Divisions: | Jurusan Gizi > Prodi Diploma IV Gizi |
Depositing User: | Unnamed user with email info@poltekkes-kdi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Oct 2020 01:27 |
Last Modified: | 09 Oct 2020 01:27 |
URI: | http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/id/eprint/1572 |
Actions (login required)
View Item |