KARAKTERISTIK IBU BERSALIN YANG TIDAK DITOLONG OLEH TENAGA KESEHATANDI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SOROPIAKABUPATEN KONAWE TAHUN 2017

Ayu Kumalasari, Penulis and Askrening, Pembimbing 1 and Hj. Syahrianti, Pembimbing 2 (2017) KARAKTERISTIK IBU BERSALIN YANG TIDAK DITOLONG OLEH TENAGA KESEHATANDI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SOROPIAKABUPATEN KONAWE TAHUN 2017. Karya Tulis Ilmiah thesis, Poltekkes Kemenkes Kendari.

[img]
Preview
Text
KARYA TULIS ILMIAH AYU KUMALA SARI.pdf

Download (530kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) menunjukkan bahwa pelayanan KIA sangat mendesak untuk ditingkatkan. Menurut SDKI tahun 2010 sebanyak 54% persalinan masih ditolong oleh dukun bayi. Di samping itu pada wanita yang memiliki tingkat ekonomi lebih tinggi sebanyak 89,2% kelahiran ditolong oleh tenaga kesehatan. Kondisi ini sangat timpang pada wanita dengan ekonomi rendah yaitu hanya 21,3%. Tujuan Penelitian: untuk mengetahui karakteristik ibu bersalin yang tidak ditolong oleh tenaga kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Soropia Kabupaten Konawe Tahun 2017. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas Soropia pada bulan April 2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu yang melahirkan pada periode Tahun 2014 – 2016 yang tidak ditolong oleh tenaga kesehatan sebanyak 48 ibu bersalin, dengan jumlah sampel sebanyak 48 responden, yang ditentukan dengan cara total sampling. Variabel independen yakni pendidikan, ekonomi dan persepsi, sedangkan variabel dependen yakni ibu bersalin yang tidak ditolong oleh tenaga kesehatan. Hasil Penelitian: Menunjukkan bahwa Ibu bersalin yang tidak ditolong oleh tenaga kesehatan sebagian besar memiliki tingkat pendidikan menengah, yakni sebanyak 25 orang (52,1%); Ibu bersalin yang tidak ditolong oleh tenaga kesehatan sebagian besar memiliki tingkat ekonomi rendah, yakni sebanyak 19 orang (39,6%); dan Ibu bersalin yang tidak ditolong oleh tenaga kesehatan sebagian besar memiliki persepsi positif, yakni sebanyak 31 orang (64,6%). Kesimpulan: Semakin rendah tingkat pendidikan Ibu bersalin yang didukung oleh tingkat ekonomi yang rendah serta persepsi ibu bersalin yang negatif, maka kecenderungan ibu memilih untuk tidak ditolong oleh tenaga kesehatan pada saat persalinan cukup besar.

Item Type: Thesis (Karya Tulis Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: Ibu Bersalin yang Tidak Ditolong Oleh Tenaga Kesehatan
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Jurusan Kebidanan > Prodi D-III Kebidanan
Depositing User: Unnamed user with email info@poltekkes-kdi.ac.id
Date Deposited: 29 Aug 2018 03:02
Last Modified: 29 Aug 2018 03:02
URI: http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/id/eprint/136

Actions (login required)

View Item View Item